Selasa, 25 November 2014

Raut Wajah Bahagia

Penerima Bantuan PSKS
Raut wajah bahagia terpancar pada penerima bantuan dari pemerintah melalui penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau sekarang dikenal dengan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Pada Sabtu (22/11) bertempat di Aula Kantor Kelurahan Tanjung Ayun Sakti telah dilaksanakan penyaluran dana bantuan pemerintah untuk 2 bulan ( Nov-Des) tahun 2014. Untuk Tanjung Ayun Sakti sendiri, penerima manfaat atau bantuan  ini berjumlah 240 KK yang disalurkan melalui Petugas kantor Pos.


Kartu Perlindungan Sosial (KPS) adalah Kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda. 

Sebagai penanda Rumah Tangga Miskin, Kartu Perlindungan Sosial ini berguna untuk mendapatkan manfaat dari Program Subsidi Beras untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah atau dikenal dengan Program RASKIN. Selain itu KPS dapat juga digunakan untuk mendapatkan manfaat program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS).

 
Zakaria yang dicoba untuk memberikan tanggapannya atas penyaluran bantuan pemerintah ini menuturkan sangat bahagia dengan adanya bantuan ini. zakaria yang merupakan Nelayan di kelurahan Tanjung Ayun Sakti mengungkapkan bahwa bantuan ini kelak akan digunakannya untuk memperbaiki peralatan nelayan. "uang ni nanti saye nak belikan Jaring nyondong pak, karena dari situlah sumber ekonomi saye, dan sisanya untuk belanja kebutuhan dapur, ujar-nya.


sama hal nya yang di ungkapkan oleh bapak sarwono yang juga seorang nelayan. " kalau di bilang cukup duit ni, pastilah tak cukup. tapi kite cobe - cobe cukupkanlah, candanya.
paska kenaikan harga BBM, kebutuhan sehari - hari sudah naik, terase betul ujarnya.
Tapi kita tetap bersyukur ape yang telah diberikan Pemerintah, minimal untuk bulan ni dapur kite bisa ngepul, Kelakar-nya. Harapannya, agar untuk tahun - tahun berikutnya, bantuan ini dapat ditingkatkan besarannya, karena kalau 400 ribu dirasa belum cukupi untuk kebutuhan hidup selama 2 bulan. (irs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar